Blogger Medan || Kabar Baik! Ada Games Online Ramah Anak di Plays.Org.

Februari 17, 2022


Kami bukan keluarga yang menolak kehadiran gadget di rumah. Sejak anak anak bayi, aku sudah memperkenalkan warna dan kosakata baik untuk perbendaharaan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris mempergunakan perangkat elektronik semacam laptop di rumah.

Dalam banyak literatur aku membaca bahwa Rasul pernah mengingatkan : “Didiklah anakmu sesuai zamannya”. Berbekal anjuran ini aku dan suami sepakat mengizinkan anak anak mengakses dunia digital   dengan penuh pengawasan dari kami berdua selaku orang tuanya.

“Ma, Abang sama Adek boleh main game kayak kawan kawan?” dulu saat si kembar kami masih SD mereka meminta diizinkan gaming seperti anak anak lain sebayanya. Sebagai orang tua, tentu kami memiliki kekhawatiran. Banyak hal yang menjadi pemicunya diantaranya : khawatir mereka menjadi lalai ibadah, malas belajar, selfish dan tidak mau peduli dengan lingkungan, tidak pandai bersosialisasi hingga kekhawatiran berlebihan semacam terkontaminasi pornografi. Pemikiran negatif seperti ini membuat kami awalnya enggan menyetujui permintaan mereka. Namun dikarenakan komitmen di awal yang ingin mendidik mereka sesuai zaman ditambah lagi dengan visi keluarga yang jauh ke depan kami memutuskan memperbolehkan mereka mengenal aneka variasi game. Untuk meminimalisir rasa khawatir yang berlebihan sebelum memberikan approval terhadap game yang akan mereka mainkan, Papanya mempunyai tugas khusus untuk mempelajari terlebih dahulu.

Ternyata sesuai pengamatan kami terhadap perkembangan karakter anak anak kami yang akrab dengan gadget dan game banyak juga hal positif yang mempengaruhi mereka, misalnya : mereka memiliki kecepatan melihat sesuatu yang melebihi orang lain, matanya lebih awas dalam mengamati sesuatu, respon terhadap hal di sekelilingnya sangat baik, bahkan perkembangan literasinya cukup bagus. Mereka sering menemukan diksi dan kosakata baru  dalam Bahasa Inggris melalui game yang mereka mainkan.  Kuncinya sekali lagi, Controlling dan diskusi secara terus menerus.


Kelebihan Bermain di Plays.Org.

Banyak sekali aplikasi dan situs games online yang tersebar di dunia. Beberapa diantaranya berpotensi menimbulkan efek negatif dan mengganggu secara psikis bagi penggunanya. Namun tidak demikian halnya dengan plays.org. Situs ini relatif aman dan ramah anak. Sangat banyak permainan yang bersifat edukasi dibandingkan yang berisi tindak kekerasan. Beberapa kelebihan Plays.org adalah :

1. Pilihan Permainannya Sangat Banyak.

Di situs Plays.org terdapat ratusan jenis games  dengan genre yang sangat variatif. Penggunaannya sangat mudah. Player tinggal memilih berdasarkan abjad dan kategori yang diinginkan. Kategori yang ditawarkan dalam situs ini misalnya : game edukasi, olahraga, kreatifitas, kuliner, musik dan lain -lain.

2. Murah dan Mudah Dimainkan

Bermain di Plasy.org tidak sulit. Cukup diklik situsnya kemudian dipilih game yang ingin dimainkan. Fitur masing masing game juga mudah dipahami. Untuk penggunaannya hanya menggunakan kuota internet saja. Permainan disini juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

3. Tidak perlu Download Aplikasi dan Registrasi Akun

Platform  seperti inilah yang sering dicari banyak orang. Karena tidak ribet penggunaanya dan mempermudah para pemain. Plays.org juga menyediakan game yang bisa dimainkan oleh 2 players dan single players.

4. Bisa Dipergunakan Lintas Usia

Berhubung variasi kategori permain dalam Plays.org sangat banyak pilihannya tentu saja platform ini tidak hanya bisa dipakai anak anak tetapi juga orang dewasa. Bahkan ada permainan tertentu yang bisa dimainkan oleh orang tua dan anak sekaligus.


Jenis Permainan Yang Bisa Diakses di Plays.Org

1. Flat Piano

Flat Piano adalah permainan dengan tuts warna warni yang sengaja di desain untuk anak usia dini. Terdiri dari delapan tuts dengan warna berbeda termasuk tuts hitam dengan nada dasar. Anak –anak akan sangat suka belajar music dan membuat komposisi lagu sendiri dengan permainan ini.

2. Drum Beats



Permainan Drum Beats bisa dimainkan oleh anak dan orang dewasa. Pemain bergantian memukul drum sesuai panduan dalam permainan ini. Drum Beats terinspirasi dari music Jepang sehingga dalam permainan ini terdapat 6 lagu tradisional Jepang yang bisa dimainkan. Pemain harus memukul drum disaat yang tepat. Ketika pemain memukul dengan benar makan dia akan mendapatkan point yang tertinggi.

3. Ben 10 Match Up- Card Matching Game



Sebagaimana judulnya pemain yang memainkan permainan ini harus memasangkan kartu kartu yang bergambar sama. Menurut hematku, permainan ini tidak hanya cocok untuk anak muda tetapi juga orang dewasa yang ingin melayih memori otak dan mencegh kepikunan.


4. Alphabet Bubble

Dalam permainan edukasi anak ini pemain mencocokkan huruf yang tertera pada balon. Jika seluruh intruksi sudah dilakukan maka pemain mendapatkan babak bonus untuk tambahan waktu bermain. Permainan ini cocok untuk anak yang sedang dalam proses belajar huruf dan membaca. Belajar jadi sangat menyenangkan dan lebih seru.

5. How to Draw Darwin



Permainan yang satu ini mengajarkan langkah demi langkah panduan menggambar bagi anak-anak. Caranya sangat mudah cukup mengikuti perintah di layar permainan untuk mengggambar Darwin Watterson. Darwin adalah salah satu tokoh deuteragonist dalam The Amazing World of Gumball” 

Lima permainan diatas adalah contoh yang dapat diakses di Plays.org diantara ratusan permainan lain yang tidak mungkin di-review satu persatu dalam tulisan ini. Mungkin kedepannya bisa saja Aku akan membahas lagi permainan lain yang menarik.  




Warning 

Jika ingin berdampak positif, orang tua harus lebih proaktif terhadap apapun yang dikonsumsi oleh anak termasuk GAME. Jangan sekali-kali melakukan pembiaran. Cek and ricek is a must.

Sebelum kita mengakses satu permainan tertentu kita dapat melihat terlebih dahulu feedback yang pernah disampaikan oleh gamers yang pernah memainkan permainan tersebut sehingga kita memiliki referensi yang benar sebelum bermain. Ini penting dilakukan untuk memastikan game yang dipilih benar-benar aman khususnya untuk anak.

Semoga anak - anak kita dijauhkan dari perilaku menyimpang akibat dampak dari permainan online. Yuk para orangtua lebih aware terhadap apapun yang diadopsi oleh anak anak kita demi kebaikan mentalnya.😍






 


You Might Also Like

14 komentar

  1. Permainannya memang bagus-bagus sih sejauh ini.
    Baik untuk anak-anak, juga untuk aku sendiri hehe

    BalasHapus
  2. Yang aku suka dari plays.org ini adalah variasi game cukup banyak dan aman dari phishing.

    Main game kalo ditemenin ortu bisa membuat bonding dengan anak menjadi lebih baik

    BalasHapus
  3. Baru tau ada game yang gak perlu donlod dan registrasi. mari kita coba, sepertinya gamenya mudah dimainkan.

    BalasHapus
  4. Game nya asik banget ini, kak. Ga perlu instal di laptop atau hape, cukup dengan buka browser. Permainannya pun buat kita jadi kesel sendiri kalau kalah. Hahahaha

    BalasHapus
  5. Saya juga dari kecil sukak main games. Ngisi waktu luang dan menambah ketangkasan sih memang hehe. mau coba jugalah main di plays.org apalagi banyak permainan yang bersifat edukasi. bgs juga buat anak anak

    BalasHapus
  6. Makasih informasinya kak, nnti bakalan sy blng ke kk sy supaya keponakan sy mainnya lewat plays.org

    BalasHapus
  7. Ya kak. Tetap dengan pengawasan. Awak main game plays org sama alzam yang temanya matematika. Seru juga nemenin anak main game math. Jadinya dia pun belajar.

    BalasHapus
  8. Dulu waktu saya kecil, main games kayak di plays.org harus punya nintendo dulu. Orangtua saya tidak mengizinkannya sehingga saya kadang main di rumah sepupu. Sekarang ternyata games yang mirip dulu ada di web. Boleh lah buat nostalgia. Tapi untuk anak, saya belum berani mengenalkan kak. Pengawasannya mesti ekstra, hehe..

    BalasHapus
  9. Ntar lagi bulan Ramadan Kak, main game di plays org ini juga bisa jadi pengisi waktu anak2 nunggu buka puasa ya, selang seling sama berburu takjilnya ya hehe

    BalasHapus
  10. nice share kak. awak pun pernah juga main di plays.org ini kak. banyak bagian-bagian nya permaiannnya.

    BalasHapus
  11. banyaknya game di plays.org, sindi udah nyobain yg flat piano bu, seru banget bu😃

    BalasHapus
  12. gamenya bermacam-macam, ringan, dan bisa dimainkan di segala umur. Ah, keren deh di play org ini. Tinggal antisipasi main di sini aja, kalau pas saya butuh selingan banyak mikir. Heheh …

    BalasHapus
  13. Setuju banget kak. Bermain game online juga sebenarnya bisa bermanfaat positif buat wawasan dan pengetahuan anak asal ada pengawasan dari orang

    BalasHapus
  14. ya ampun umrin baru tau dong, kayaknya yang alphabet bubble seru itu ya, tetap harus diawasi saat mainnya ya mom, dan dibatasi juga kapan waktunya main game dan kegiatan lainnya.

    BalasHapus

About Me

Siska Hasibuan,ibu dua anak, pengajar @LP3i dan UINSU, productive mom, owner @mumubutikue dan @kuihdeli

Like us on Facebook