Madu Al Hafiz, Asli dan Bersanad

Februari 26, 2022

 


“Ini madu kayu kak. Rasanya enak” Seorang abang-abang membawa tas besar dengan banyak botol berisi (katanya) madu asli memaksa kami untuk membeli madu yang dibawanya. Dia mulai mengeluarkan mancis, membakar madunya, kemudian melanjutkan promosi madu dengan berapi-api. “Ini madu asli, Kak” katanya lagi.

Saat itu kami sekeluarga sedang berkumpul di kampung. Kami tidak berani membeli madu yang dtawarkan. “Takut gak asli!” kataku terus terang.

Drama khawatir terhadap keaslian madu seperti ini bukan terjadi sekali ini saja padaku. Sering malah. Selama ini kami selalu menerima kiriman dari keluarga jauh di luar kota untuk konsumsi madu. Aku pribadi malas berdebat, curiga hanya untuk hal hal seperti ini. 

Mitos yang beredar di masyarakat soal madu.

Banyak sekali mitos yang dari mulut ke mulut tersampaikan di masyarakat contohnya seperti cerita yang kami alami di atas seperti :

  • 1.       Madu asli tidak terbakar
  • 2.       Madu asli tidak dikerubungi semut
  • 3.       Madu asli tidak beku disimpan di dalam kulkas.
  • 4.       Tidak boleh mengkonsumsi madu dengan material dari logam atau stainlesstell

Logikanya saja, sesuai fitrah, semut tentu menyukai sesuatu yang manis. Selama madu itu rasanya manis tentu saja semut berpotensi menghampiri.

Kemudian soal pemakaian logam ketika mengkonsumsi madu, Guru besar Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas peternakan IPB Prof. Dr. Ir. Asnath Matria Fuah MS mengatakan bahwa madu boleh diminum dengan menggunakan sendok berbahan apa saja karena tidak akan mengurangi khasiatnya (Sumber kompas.com). Terus terang pengetahuan soal keaslian madu  terkadang membuat kita sering dibodohi oleh penjual madu yang tidak dikenal. Untuk itu kami sekarang memilih madu untuk dikonsumsi di rumah yang kami kenal siapa penjualnya.

Madu Al hafiz

Al Hafiz adalah Pusat Madu Hutan Asli Sumatera. Lebah penghasil madu untuk produk madu murni Al Hafiz adalah lebah Apis Dorsata, lebah liar yang saat ini belum bisa diternakkan. Tinggal di pohon sialang yang letaknya di tengah hutan.Pohon sialng ini adalah pohon besar dengan tinggi mencapai 100 hingga 200 meter dengan diameter pohon mencapai 2 meter (sumber : www.refillmadu.com)

Sebagai distributor madu asli yang pusatnya ada di Kota Medan, madu hutan asli yang dijual oleh Al Hafiz terjamin dan bersanad. Seluruh madu yang dijual oleh Al Hafiz bisa ditelusuri riwayatnya. Secara rutin madu Al Hafiz juga mengedukasi masyarakat terkait soal madu.

Fungsi Madu Untuk Kesehatan

Di dalam QS. An-Nahl ayat 68 -69 Allah mengatakan : “ Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, “Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia, kemudian makanlah dari segala macam buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dar perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berfikir.

Jelas sekali melalui ayat ini Allah sudah memberikan petunjuk bagi kita bahwa madu adalah asupan yang baik bagi kesehatan.

Madu sebagai pengganti gula

Dalam kontan.co.id, Heatline merangkum bahwa madu merupaka pengganti gula yang sangat baik bagi tubuh. Dalam satu sendok makan madu mengandung 64 kalori dan 17 gram gula termasuk fruktosa, glukosa, maltosa, dan sukrosa.  Madu juga berperan menjaga kadar gula darah cukup konstan dibandingkan dengan jenis gula lainnya. 

Madu merupakan obat batuk

Journal Pediatrics tahun 2012 menemukan bahwa konsumsi dua sendok teh madu bisa membantu menyembuhkan batuk. Dalam jurnal ini dijelaskan bahwa madu memiliki  sifat anti-mikroba yang bisa membunuh bakteri tertentu. 

Madu membuat tidur semakin nyenyak

Dalami NDTV Food pernah diinformasikan bahwa madu dapat melepaskan serotonin.  Oleh tubuh, serotonin akan dibuah menjadi melatonin, senyawa kimia yang mengatur kualitas tidur. Biasanya kami di rumah mencampurkan satu sendok madu ke dalam susu yang dikonsumsi sebelum tidur. Anda bisa menambahkan satu sendok teh madu ke dalam segelas susu hangat atau secangkir teh. 

Madu dapat membantu menyembuhkan luka bakar

Ini adalah metode pengobatan Mesir Kuno yang didukung oleh 26 riset yang dilakukan madu dapat membantu penyembuhan luka bakar. Para peneliti meyakini, khasiat penyembuhan madu berasal dari sifat antibakteri dan anti-inflamasi serta kemampuannya untuk memelihara jaringan di sekitarnya

Madu Al Hafiz, ikhtiar P3K paling wajib disimpan di rumah.

Selain fungsi fungsi kesehatan berdasarkan hasil riset di atas, madu juga salah satu bahan yang bisa dipakai untuk membuat makanan dan minuman di rumah.

Kami memiliki kebiasaan sarapan pagi dengan roti. Biasanya paling simpel kami menyajikan roti bakar tanpa selai kemudian diolesi madu sangat enak disajikan sambil ngeteh atau minum kopi.

Atau kami juga sering mengkonsumsi madu dengan lemon atau jahe tergantung selera saat itu.

Terlebih sekarang ini, kondisi cuaca yang tidak menentu berpotensi menurunkan daya tahan tubuh kita. Sebagai ikhtiar untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah padatnya aktivitas Aku selalu menyediakan madu Al Hafiz di rumah.

Kalau kalian, sukanya madu diapain? Dimarahin atau dijambak? Hahahahhaha



 

 

 

You Might Also Like

0 komentar

About Me

Siska Hasibuan,ibu dua anak, pengajar @LP3i dan UINSU, productive mom, owner @mumubutikue dan @kuihdeli

Like us on Facebook