Roti Pelangi Mumubutikue


Sekilas soal roti
Roti merupakan makanan yang cukupsimple. Pada umumnya hanya terbuat dari  tepung dan air kemudian di fermentasi dengan ragi untuk membuat adonannya mengembang. Namun seiring dengan perkembangan dunia ini, akhirnya jenis makanan ini dibuat semakin bervariasi dengan menggunakan bahan lain seperti garam, telur, butter bahkan dengan isian makin canggih ada yang sosis, coklat, keju, kacang kacangan dan lain lain sesuai inspirasi pembuatnya. Dari beberapa literatur, roti dianggap makanan tertua di dunia dikarenakan 30.000 tahun lalu pernah ditemukan residu tepung di permukaan bebatuan yang digunakan untuk menumbuk makanan di Eropa. Diduga saat itu, tepung sudah mulai dibuat dari umbi-umbian yang ada. Pembuatan roti dengan mesin baru dilakukan sekitar tahun 1961. Roti merupakan makanan pokok di banyak negara Barat.
Mungkin sebahagian orang belum mengetahui kandungan nutrisi dalam roti. Roti merupakan sumber karbohidrat yang diubah menjadi energi namun rendah lemak. US Department of Agriculture (USDA) menyatakan bahwa kandungan nutrisi dalam porsi 100 gram adalah sbb :




Jadi, tetap ada kandungan kebaikan dalam setiap makanan yang ada di muka bumi ini. Yang menyebabkannya jadi salah adalah durasi makan  dan jumlah yang berlebihan.
Rasul sudah mengajarkan adab makan : makanlah sebelum lapar, sudahi sebelum kenyang. Jika kita mengikuti anjuran untuk makan secukupnya saja, tentu semua insyaallah akan aman.

Roti Pelangi mumubutikue
Roti pelangi produksi mumubutikue Medan merupakan jenis roti tawar yang dibuat dengan tepung terigu dan bahan berkualitas yang lain. Sebagai penerima sertifikasi halal MUI, mumubutikue senantiasa mematuhi aturan yang sudah ditetapkan MUI untuk penggunaan bahan dan pelaksanaan proses kerja. Seluruh rangkaiannya terus dievaluasi dan diperbaiki sesuai kapasitas usaha ini sendiri. Sering banyak yang meragukan pewarnaan roti ini karena eye catching. Namun berkali kali juga disampaikan bahwa pewarna yang digunakan dalam roti adalah pewarna aman yang tersertifikasi halal MUI juga.
Awal terciptanya roti ini karena ingin ada diferensiasi produk dengan roti yang telah ada sebelumnya di pasaran. Namun, ide penciptaaannya terinspirasi dari kehadiran pelangi setelah hujan. Saat itu, owner mumubutikue sedang mengalami guncangan psikologis akibat meninggalnya saudara kandung satu satunya. Kehilangan seluruh anggota keluarga inti itu tidak mudah. Namun, owner berupaya bangkit mengingat ada tim supporter di mumubutikue yang masih harus berlanjut kehidupannya. Filosofinya, sebagaimana kehadiran pelangi yang penuh warna setelah hujan, merupakan rezeki luar biasa dari Allah. Begitu jugalah harapannya dengan roti ini. Kehadirannya mudah-mudahan bisa menjadi penawar duka bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Pesan yang ingin disampaikan adalah kebahagiaan saat makan dan memberikan pengalaman yang memorable.
Secara tekstur, roti pelangi ini padat, tapi tetap lembut. Tidak hanya disukai oleh anak anak, tapi juga orang dewasa. Bisa dijadikan menu sarapan atau cemilan. Saat ini tersedia selai kuini saja, namun kemungkinan kedepannya akan disediakan juga selai varian lain yang tentunya beda dari yang ada di pasaran.
Dalam kesempatan tertentu, mumubutikue menyediakan roti pelangi bakar. Menu andalan mumubutikue adalah roti pelangi bakar saus pedas. Diisi dengan isian jagung, telur dan jamur. Pelanggan yang pernah membeli ini biasanya repeat order.
Di beberapa undangan pameran secara tertutup, mumubutikue pernah menyajikan roti pelangi dengan ice cream.  Seperti sedang berlibur di Singapura, anak anak dan remaja sangat menggandrungi varian makanan ini. Tak perlu jauh jauh melakukan perjalanan dengan paspor, cukup mengunjungi stand mumubutikue. Ah, jadi rindu pameran hahaha…

Saat ini, roti pelangi mumubutikue sudah pernah disorder hingga ke luar kota. Jakarta, Bandung, Padang bahkan Pulau Bali. Roti ini sejatinya tahan di suhu ruang tiga hari menurut kami, tapi kemariin menurut pengakuan customer kami di Bali, roti pelangi aman aman saja saat tiba di sana walau lama diperjalanan hingga 5 hari dikirim melalui jasa pengiriman.
Beberapa pelanggan juga pernah memberikan testimoni, bahwa biasanya jika belum habis dikonsumsi, roti ini disimpan di dalam kulkas. Jika ingin dikonsumsi kembali cukup dikukus saja atau dipanaskan dengan microwave. Selama ini berdasarkan pengalaman kami dan masukan pelanggan, di dalam kulkas roti ini bisa tahan selama dua minggu jika disimpan dengan baik dan tertutup rapat.

Semoga roti pelangi ini bisa mewarnai khasanah per-rotian di negara ini. Dan sesuai dengan tujuan penciptaannya dapat benar benar memberikan sesuatu yang “berbeda” bagi penikmatnya.
Anda, sudah pernah coba?

0 comments:

Posting Komentar