Lifestyle Blogger Medan || Tips membuat menu sahur enak kesukaan anak-anak





Untuk emak emak punya anak usia sedang seperti Aku yang sudah paham rasa enak dan gak enak atau selera gak selera makan, harus kreatif menyediakan menu makanan di rumah.  Bukannya bermaksud memanjakan secara berlebihan namun, memberikan apresiasi terhadap effortnya dalam menghadapi Ramadhan saya yakini dapat meningkatkan semangat mereka  beribadah. Karena walau bagaimanapun, menahan lapar dan haus  berpuasa selama satu bulan penuh menurut saya lumayan berat dilalui oleh anak anak pra akil baligh seperti mereka.
Akibat wabah belakangan ini, banyak rencana rencana keluarga kami yang berujung pada ketidakpastian, maju mundur bahkan dibatalkan. Ini mungkin terjadi juga pada banyak keluarga lainnya. Seperti kemarin, karena ada berita yang tersebar terkait undang undang karantina, Juragan kami sempat membuat keputusan untuk tidak pulang kampung sebagaimana kebiasaan kami setiap tahun, nyantren  beberapa hari awal Ramadhan di rumah Opungnya anak anak di SImalungun.  Aktivitas sahur bersama, mengaji, sholat ke masjid, muzakaroh dan berbuka puasa pertama di beberapa hari awal Ramadhan selama ini terbukti meningkatkan semangat kami berpuasa dan beribadah tambahan lainnya. Karena keputusan awal tidak pulang kampung, aku sudah sempat tidak mempersiapkan rancangan menu untuk di sana. Injury time, Juragan memutuskan pulang saat itu juga karena ternyata informasi perihal ditutupnya akses jalan tol hanya isapan jempol belaka. Akhirnya aku mengambil beberapa bahan makanan dari menu yang sudah disusun di rumah untuk dibawa pulang kampung. Disinilah awal mula centang prenangnya jadwal menu yang sudah redih kemarin hahahahaha… It’s okey dunia belum berakhir.  Sampai di kampung juga kami harus menyesuaikan dengan kebutuhan di sana dan semua akhirnya keluar dari track.   
Sekembalinya ke Medan, aku kembali menyediakan menu suka suka yang terpenting, tetap memakai bahan yang sudah tersedia di kulkas.
Untuk Sahur akhirnya  aku memutuskan membuat menu simpel Chicken wings dan rebusan buncis wortel saja. Chicken wings yang disukai anak anakku adalah yang mirip seperti gerai pizza besar yang terkenal seantero dunia itu. Hehehhe..
Aku berusaha mewujudkannya buat anak anak semaksimalnya. Berikut adalah resepnya :

Chicken Wings Ala Siska Hasibuan
Bahan :
  1. Sayap ayam 500 gr sekitar 8-10 potong
  2. Saos pedas 7 sdm
  3. Saos tomat 1 sdm
  4. Kecap manis 2 sdm
  5. Saos tiram 2 sdm
  6. Madu kemasan 3 sdm
  7. Bawang putih 3 siung digiling halus
  8. Gula garam secukupnya


Cara Membuat
  1. Sayap ayam dicuci bersih sisihkan kemudian ditiriskan hingga tidak berair
  2. Campurkan saos pedas, saos tomat, kecap manis, saos tiram, madu, bawang putih gula garam dalam wadah, aduk hingga rata. Koreksi rasa, tambahkan bahan jika ada yang dirasa kurang.
  3. Setelah rata, masukkan ayam kedalam bumbu, marinated selama 3-8 jam (3 jam di suhu ruang dan 8 jam jika mau disimpan di kulkas) ini dilakukan agar bumbu meresap.
  4. Setelah selesai proses marinasi, panggang ayam di oven selama sekitar 15-20 menit. Cek dengan menusuk daging ayam dengan tusuk gigi untuk memastikan ayam telah matang.
  5. Sebelum disajikan goreng terlebih dahulu.
  6. Nikmati chicken wings  bersama saos, atau bumbu katsu olahan @chef saver.

Tips merebus sayur agar tetap hijau
Dikarenakan anak- anakku bukan penikmat sayur, maka aku tetap berupaya memberikan sayur untuk dikonsumsi walau sedikit. Seperti malam itu, untuk menemani chicken wings aku memasakkan rebusan buncis dan wortel. Saat aku posting ke timeline facebook banyak yang respon. “Buncisnya kok hijau”Ah, aku akan membagikannya dalam tulisan ini.
Caranya adalah :
Didihkan air secukupnya,beri garam dan teteskan minyak makan kedalam panci rebusan. Setelah mendidih, baru celupkan sayur. Angkat dalam 1 menit. Maka sayur akan tetap hijau.

Demikian tips singkat Ramadhan ke 3.  Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar