Cemilan murah saat #WorkFromHome


Sejak ada instruksi mengurangi aktivitas diluar rumah untuk menjaga diri dan keluarga masing masing agar tak menjadi media penyampai virus corona yang sedang naik daun, Saya mulai menyusun kuda kuda untuk manajemen bahan makanan di rumah.
Anak anak yang awalnya makan di sekolah dibawain bekal dan cemilan setiap pagi automatically jadi makan dan ngemil di rumah. Yang kalau di luar rumah cuma sekali makan dan ngemil, di rumah bisa 4-5 kali karena seluruh aktivitas full di rumah..hahaahha..
Alhamdulillah disyukuri.. paling enggak emak boleh bangga laa masakannya dianggap enak dan cocok di lidah anak- anak dan bapaknya.
Budgetnya bengkak dong.. Saya dengar beberapa timeline emak emak ada yang menuliskan demikian. Saat sharing dan ngobrol via chat WA, ada juga yang mengatakan bingung  katanya akhirnya biaya yang harus disediakan over dibanding biasanya.Belum beberapa bahan mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.
Tulisan ini bukan untuk mengklaim saya paling pintar mengatur keuangan, atau menyusun menu tapi setidaknya ini sudah saya lakukan di rumah. Siapa tahu bisa dijadikan referensi oleh emak lain. Cemilan yang saya siapkan ini untuk kapasitas makan 5 orang dengan asumsi 3 orang dewasa dan dua anak-anak yang sedang beranjak akil baligh dan nafsu makannya sedang meningkat.

Minggu ini tiga diantara stok yang ada saya membuat cemilan sebagai berikut :
1.       Pisang goreng
2.       Bakwan sayur
3.       Kolak pisang

Total belanja saya untuk membuat cemilan tersebut adalah sbb :
1.       Pisang kepok besar untuk dibagi dua cemilan pisang goreng dan kolak    Rp. 12.000
2.       Tepung pisang goreng                                                                                 Rp.   5.000
3.       Tepung bakwan kemasan                                                                            Rp.   6.000
4.       Kol kecil                                                                                                      Rp.   3.000
5.       Wortel satu buah                                                                                          Rp.   1.000
6.       Santan kemasan paling kecil                                                                       Rp.   3.000
7.       Gula merah ¼ kg                                                                                         Rp.   6.000
                                                                                                                            Rp. 36.000


Relatif murah untuk membuat tiga jenis cemilan berbeda namuun insyaallah nikmat. Berikut saya tuliskan resep sederhananya siapa tahu bisa menambah referensi jenis cemilan selama di rumah dalam kurun waktu cukup lama ya..

1. Pisang Goreng

Bahan : - Tepung pisang goreng (saya memilih merk adabi karena lebih manis dan halal)
             -  Pisang kepok setengah sisir
             -  Air secukupnya
             -  Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat : - Belah pisang kepok menjadi tiga irisan tanpa putus seperti bentuk kipas
                          -  Campurkan tepung sedikit bersama air dan garam secukupnya aduk rata sisihkan
                          -  Celupkan pisang ke dalam tepung yang bercampur air kemudian celupkan ke
                              tepung yang masih kering agar lebih crispy.
                          -  Panaskan minyak selama tiga menit kemudian goreng pisang yang telah dilumuri
                             tepung.
                          -  Tiriskan pisang yang sudah digoreng
                          -  Pisang siap disajikan.

Saya tidak sempat mendokumentasikan pisang goreng ini namun penyajiannya untuk anak anak menggunakan taburan keju dan susu coklat yang ada di rumah.

2. Bakwan Sayur

Bahan : - Tepung bakwan (saya pilih merk sasa karena teksturnya lebih lembut dibandingkan merk
                lain, namun tidak perlu ditambah garam lagi karena tepung sudah berbumbu)
              - Kol diiris secukupnya
              - Wortel diiris panjang seperti potongan korek api
              - Terigu serbaguna 100 gram agar rasanya tidak terlalu asin.
              - Air 300 ml
              - Minyak sayur untuk menggoreng

Cara membuat : - Campurkan tepung bakwan, kol dan wortel iris, terigu agar rasanya tidak terlalu
                             asin, campurkan air kemudian aduk rata.
                           - Tunggu 5 menit agar seluruh bahan nge-blend.
                           - Sambil menunggu bahan tercampur, panaskan minyak untuk menggoreng.
                           - Ambil bakwan dengan sendok, goreng dengan minyak panas.
                           - Angkat dan tiriskan setelah warnanya kuning keemasan.
                           - Bakwan siap dikonsumsi.

Foto : dokumen pribadi

3. Kolak Pisang

Bahan : - Pisang kepok setengah sisir
             - Santan kemasan kecil
             - Gula merah 1/4 kg dihancurkan untuk memudahkan proses masak kuah kolak
             - Air secukupnya
             - Pandan (petik di halaman, gak beli)
             - Kayu manis secukupnya untuk menambah aroma

Cara membuat : - Rebus pisang bersama gula merah yang sudah dihancurkan bersama pandan
                             dan kayu manis.
                           - Setelah pisang cukup lembek, masukkan santan dan air secukupnya.
                           - Jika kurang manis boleh tambahkan gula pasir dan garam secukupnya.
                           - Aduk aduk kolak hingga kuahnya mendidih masak dengan api tidak terlalu besar
                             agar tidak pecah santan.
                           - Matikan api kompor jika kolak sudah matang.
                           - Kolak siap dihidangkan.

Disamping tiga makanan ini sebenarnya kami ada sesi minum boba rumahan ala mamamumu. Tapi, step by step proses pembuatan minuman kekinian ini boleh dilihat di chanel youtube saya https://youtu.be/DUWF89c44Jc ya...

Selamat mencoba ya Moms.. Kalau kalian ada resep sederhana dan murah apa aja di rumah? Biar saling tukar resep oke juga kan....
                   

2 komentar:

  1. sama saja ya, gorengan memang cemilan yang paling tidak bisa dilewatkan hihihi gak anak2 gak orang tua semuanya suka. tapi biasanya aku selipkan cemilan buah kak. karena lagi diet sehat juga sekarang. kalau menuruti kemauan sih, maunya gorengan terus hihihi

    BalasHapus
  2. pisangnya kok murah sekali ya kak? di Surabaya pisang kepok setandun itu bisa 25 ribu. haduh sedih banget. padahal cukup suka olahan pisang. ada lagi setup pisang yang dimasukkan ke kulkas, aduh itu enak bangett

    BalasHapus