Bekal buat juragan




Kemarin kemarin sempat bilang sama diri sendiri gak usah posting soal bekal juragan lagi,  khawatir de juliters menganggap negatif walaupun niatnya positif. Sebahagian bilang riya, beberapa bilang sombong, beberapa gak ada pendapat hahaha... tapi banyak yang bikin pengakuan tertulis justru terinspirasi untuk akhirnya di copi paste. 
Akhirnya kemarin, menyambut Ramadhan, mau ibadah lebih khusyuk, dan berbagai alasan penuh drama lainnya, akhirnya bekal juragan off  di medsos. Tapi,  belakangan setelah liburan sekolah sedemikian lama, banyak mommy tangguh yang memiliki putra putri sebaya yang minta diposting kembali bekal juragan buat referensi. Baeklah, jika dirasa ada manfaat boleh juga berbagi soal ini. Karena kadang, kita gaya aja seakan akan dapur itu gampang ditaklukkan, tapi kalo gak pande pande, hoyong juga di dapur itu. hahahahaa...

Tips dan trik under 1 hour in the kitchen 



Sebagai ibu yang juga punya aktifitas usaha,  tentu harus punya manajemen waktu yang baik agar semua daily to do list dapat terlaksana dengan baik sesuai ekspektasi. Oleh karena ini,  aku tak berhenti ber eksplorasi agar durasi ndapur seminimal mungkin tapi insyaallah hasilnya maksimal.
Untuk meminimalisir acara masak memasak setiap hari, aku melakukan hal hal sebagai berikut  :

1. Menyusun menu bekal mingguan
stok referensi kumpulan menu tersimpan dalam sebuah buku yang diisi kapanpun ingat dan dapat ide baru, tapi untuk mingguan tetap dibuat di board ini untuk memudahkan.

Aktivitas menyusun menu mingguan bak jadwal kerja karyawan kantor ini terkesan lebay buat sebahagian orang,  namun berdasarkan pengalaman, ini merupakan jantungnya manajemen bekal dan dapur.  Jika ini disusun detail dan dipersiapkan dengan matang,  kita tak hanya bisa memangkas waktu tapi juga budget,  sekaligus mengurangi kemubadziran.
Biasanya,  aku menyusun menu mingguan di hari jumat,  kemudian belanja di hari Sabtu sekaligus mempersiapkan segala sesuatunya agar minggu tinggal leyeh leyeh menyambut hari Senin atau jenjalan. Menyusun menu ini tidak perlu berlebihan, yang penting disesuaikan budget yang ada saja.

2. Belanja secukupnya
belanja secukupnya, menggunakan wadah, belajar ngurangin penggunaan plastik

Setelah menu mingguan disusun seperlunya, selanjutnya  mencatat kebutuhan bahan makanan sesuai jadwal menu secukupnya. Sebaiknya disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga agar tidak ada bahan yang terbuang.

3. Food preparation 
susunan belanjaan yang telah dibereskan ready masuk kulkas

menyimpan ikan yang sudah dibersihkan
susunan wadah di dalam kulkas


Tahap ini buat aku adalah tahap yang paling mengasikkan karena sudah membudaya. Aku melakukan food preparation  ini sejak masih SMA. Ibuku yang mengajarkannya karena buat beliau, kerapihan di dapur dan manajemen bahan makanan sangat penting dipelajari dan dibiasakan. Karena menurut beliau, menyediakan makanan buat keluarga adalah kebaikan yang hakiki halah.. hahaha...
Ini aku lakukan di hari Sabtu sepulang dari belanja habis sholat subuh. kurang lebih kegiatannya seperti ini :

- memetik cabai stok membalutnya dengan tissue dan memasukkan dalam
wadah tertutup.
- memetik sayuran beberapa harus disimpan dalam keadaan mentah tidak dicuci, dibalut kertas masuk wadah, beberapa seperti brokoli dan bunga kol biasanya aku simpang dalam keadaan sudah direbus sebentar, dicelup kedalam air es, tiriskan, simpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas.
- mencuci ikan  hingga bersih, diberi jeruk nipis atau lemon dan garam, tutup dalam wadah, simpan di freezer.
- mencuci daging, merebusnya hingga empuk, memasukkan dalam wadah tertutup, simpan dalam freezer.
- membuat sambal sesuai kebutuhan seminggu, simpan dalam wadah wadah kecil secukup sekali penggunaan, simpan dalam freezer. Jika ingin dipergunakan keesokan harinya, malam sebelumnya sudah diturunkan ke lemari pendingin biasa agak tidak beku di pagi hari.
- Jika ada menu tempe sambal atau teri tempe dan teri digoreng, ditiris, simpan dalam toples, masukkan kedalam kulkas.
- menggoreng kerupuk dalam jumlah banyak secukup kebutuhan seminggu penuh.

4. Bangun lebih cepat
Walaupun sudah dilakukan persiapan di akhir Minggu sebelumnya, emak emak tetap wajib bangun lebih cepat dari anggota keluarga lainnya. Bangun pagi membuat hari hari jadi lebih bersemangat.

Berikut contoh rangkaian menu satu minggu di rumah kami :

1. Senin
Breakfast (BF) : Mie kuning sosis (mienya buat sendiri) dan teh lemon sereh panas
Bekal : Nasi putih,  telur mata sapi, nugget dan sosis goreng dan kerupuk.
Cemilan : puding mangga fla susu, tanggo beli di supermarket.
Minuman : teh tarik dingin dan air putih satu jerigen hahaha..

Untuk menu yang banyak ini, kerupuk  sudah dibuat dalam jumlah banyak dan disimpan di wadah tertutup agar awet dan tidak melempem untuk semingguan. Puding, juga dibuat dalam jumlah banyak disimpan di dalam kulkas. Teh tarik, sudah dibuat malam sebelumnya disimpan di freezer agar tetap dingin di bawa ke sekolah.

2. Selasa
BF : Burger (menggunakan beef crispi kemasan,telur dadar, tomat dan timun iris ditambah keju), minumnya lemon tea panas.
Bekal : Nasi putih, putih telur orak arik pakai bawang bombai (memanfaatkan putih telur sisa bikin roti), brokoli daging cincang.
Cemilan : Roti selai nutella ditambah buah jeruk kupas dan air putih sebanyak banyaknya.

Untuk menu ini, timun dan tomat sudah dipotong sehari sebelumnya, masukkan dalam wadah tertutup simpan dalam kulkas. untuk brokoli daging cincang, brokoli dan daging sudah direbus saat food prep sehingga pagi tinggal di oseng sebentar.

3. Rabu
BF : Roti manis, teh manis panas untuk juragan besar dan quaker oat untuk juragan kecil.
Bekal : Nasi uduk kuning, ayam goreng, telur dadar suir, bebi cumi sambal, kerupuk.
Cemilan : puding mangga ditambah minuman orange squash dengan jelly handmade.

Untuk menu ini, roti manis biasanya dibuat sehari sebelumnya dalam jumlah banyak dan beberapa varian sekaligus untuk dikonsumsi dua tiga hari ke depan, atau jika tidak sempat boleh dibeli saja. nasi uduk kuning dimasak malam harinya. bebi cumi sudah digoreng di hari Sabtu dimasukkan kedalam wadah masukkan dalam freezer, sambal sudah dibuat di hari sabtu dalam jumlah banyak, dimasukkan ke dalam wadah wadah kecil untuk per sekali masak satu wadah, masuk dalam freezer, sehingga pagi pagi tinggal nyemplungin ke wajan.

4. Kamis
BF : Roti pizza,  (hasil bikinan hari selasa sore) dan coklat panas
Bekal : Nasi putih, udang sambal kentang, tumis kacang panjang, kerupuk mi
Cemilan : jagung susu keju dan buah naga potong

Untuk menu ini, ketika food prep di hari sabtu, kacang panjang sudah di potong sesuai selera, direbus sebentar di air mendidih, kemudian dimasukkan ke dalam air es, ditiriskan, agar kacang awet dan tetap hijau saat dimasak. Selain itu, saat menumis, tak perlu memakan waktu lama.





5. Jum'at
BF : cumi goreng tepung, kentang goreng kemasan dan teh manis.
Bekal : nasi jagung, rendang daging kentang, mumu teri, timun iris
Cemilan : puding mangga stok dan matcha jelly dingin (dibuat sehari sebelumnya dan dibekukan)
stok mumu teri yang wajib ada di rumah. karena gak hanya dibutuhkan saat urgent di rumah, bahkan saat bepergian.














Untuk menu rendang, sudah dimasak di hari sabtu saat food prep, dimasukkan dalam wadah dan disimpan di freezer. Stok mumu teri tetap ada di rumah sebab diperlukan saat urgent.  Mumu teri tahan disimpan dalam wadah plastik selama kurang lebih dua bulan.

6. Sabtu
BF : bubur kacang hijau dan teh hijau panas
Bekal : Nasi gurih, telur sambal, mumu teri, urap sayur
Cemilan : apel potong dan anggur, cappucino jelly

Untuk menu urap, kelapa untuk urap sudah dibuat hari Sabtu saat food prep, pagi tinggal membuat rebusan sayur. Sayuran sudah dipetik disimpan dalam wadah tertutup dialasi tisu tanpa dicuci seminggu sebelumnya. Biasanya hanya menggunakan dua jenis sayuran saja misalnya daun ubi dan tauge.

Hari Minggu kami tidak selalu bikin menu, karena hari leyeh leyeh, kondangan dan saatnya mempersiapkan menu minggu depannya kembali. Oleh karena itu, hari Minggu biasanya kami hanya menghabiskan sisa stok makanan yang ada di lemari pendingin saja.
Biasanya hari Minggu kami senang bikin menu jajanan seperti ini sendiri di rumah.
tugas Syaffa, termasuk meng-update stok bahan makanan yang sudah terpakai dan yang menunggu dipakai setiap hari.

Menu  bekal di atas biasanya dibuat untuk cukup hingga makan malam. Jadi, praktis emak di dapur cukup pagi saja. Kebanyakan di dapur nanti gumoh hahahaa..
Di kesempatan terpisah nanti insyaallah kita sharing menu menu lain yaa...
Insyaallah  akan di buat juga postingan khusus resep masakan sederhana ini. Jika bunda bunda luar biasa ada yang ingin sharing menu menu andalannya dirumah, dengan senang hati diterima untuk inspirasi kita bersama. silahkan komen di kolom komentar ya...
Terima kasih sudah bergabung dalam postingan ini...


2 komentar:

  1. Cukup informatif, Kak Siska. Terutama untuk cara penyimpanan bahan2 makanannya. Ini yg selama ini masih saya pertanyakan. Sehingga food preparation belum juga terealisasi. Setelah membaca ulasan Kak Siska, saya jadi lebih paham, bagaimana seharusnya membuat food prep yg benar2 bisa menghemat waktu di dapur. Makasih banyak. 🙏😊

    BalasHapus
  2. Cukup informatif, Kak Siska. Terutama untuk cara penyimpanan bahan2 makanannya. Ini yg selama ini masih saya pertanyakan. Sehingga food preparation belum juga terealisasi. Setelah membaca ulasan Kak Siska, saya jadi lebih paham, bagaimana seharusnya membuat food prep yg benar2 bisa menghemat waktu di dapur. Makasih banyak. 🙏😊

    BalasHapus